RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1- 3
Alokasi Waktu : 6 x 35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
5. Melakukan operasi hitung
pecahan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
5.1 Menyederhanakan dan
mengurutkan pecahan
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Mengenal
berbagai bentuk pecahan
§ Menyederhanakan
pecahan
§ Mengurutkan
pecahan
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Operasi Hitung Pecahan
E.
Metode Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan,
Ekspositori
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-3
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang
macam-macam pecahan yang telah
dipelajari pada kelas sebelumnya
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Menyederhanakan dan mengurutkan
pecahan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas
berlipat untuk dapat membantu siswa memahami definisi pecahan yang dapat
diambil dari kehidupan sehari-hari. Setelah selesai melakukan percobaan dan
ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru mengulang kembali kegiatan yang telah
dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Kertas
berlipat
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengenal berbagai bentuk pecahan
o Menyederhanakan pecahan
o Mengurutkan pecahan
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Isian
|
o
o 0,8 -
o 125 x 7
o dst.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35
menit
A.
Standar Kompetensi
:
5. Melakukan Operasi Hitung
Pecahan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
Peserta
didik dapat :
§ Mengubah
suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
§ Membulatkan
pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Operasi Hitung Pecahan
E.
Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-5
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang
cara membulatkan pecahan yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Menuliskan berbagai bentuk
bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen permil, dan desimal
F
Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas
berlipat untuk dapat membantu siswa memahami mengubah pecahan yang dapat
diambil dari kehidupan sehari-hari
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke
bentuk pecahan yang lain.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah
dibahas bersama-sama kemudian memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Isian
|
a. bila diubah menjadi
pecahan desimal adalah ....
b. Pecahan campuran dari bilangan adalah ....
c. Bentuk pecahan biasa yang paling sederhana dari bilangan 5adalah ....
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35
menit
A.
Standar Kompetensi
:
5. Melakukan Operasi Hitung
Pecahan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu
bilangan atau kuantitas tertentu
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Menentukan
nilai pecahan pada garis bilangan
§ Menentukan
nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Operasi Hitung Pecahan
E.
Metode Pembelajaran
Demonstrasi, diskusi, Ekspositori, deduktif,
Tanya jawab, latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-5
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Memberikan permasalahan dalam
kehidupan sehari hari yang berhubungan dengan nilai pecahan.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Melakukan percobaan
menggunakan benda disekitar untuk
membangun pemikiran siswa mengenai konsep nilai suatu pecahan serta
memasukannya kedalam garis bilangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mendiskusikan nilai suatu pecahan dalam sebuah
garis bilangan
F
Siswa diuji keterampilan dan kemampuan dengan mengerjakan soal-soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru mengulang kembali kegiatan yang telah
dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Garis
bilangan, mainan anak-anak, meteran dll
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
o
o Jarak sumedang Jakarta 180 km, jika ditempuh dengan bus yang
berkecepatan 45 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan?
o Jarak Cirebon Semarang pada peta 15 cm. Jika skala yang
digunakan 1: 1000000 maka jarak sesungguhnya adalah ...
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
5. Melakukan Operasi Hitung
Pecahan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
5.4
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
Melakukan dan menggunakan operasi hitung
pecahan
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Operasi Hitung Pecahan
E.
Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang konsep pecahan dan contohnya.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Melakukan dan menggunakan
operasi hitung pecahan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menjelaskan cara menjumlahkan, mengurangkan,
mengalikan serta membagi dua pecahan
dengan garis bilangan. Setelah itu mendiskusikan cara menjumlahkan,
mengurangkan, mengalikan serta membagi
pecahan yang lain sampai didapat kesimpulan.
F
Siswa diuji keterampilan dan kemampuan dengan mengerjakan soal-soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan materi yang telah dibahas
bersama-sama kemudian memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Garis
bilangan
§ Koin
Logam , manik-manik, dll
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menentukan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian berbagai bentuk pecahan
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
o
o 0,8 -
o 125 x 7
o dst.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-2
Alokasi Waktu : 4 x 35
menit
A.
Standar Kompetensi
:
5. Melakukan Operasi Hitung
Pecahan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan pecahan.
§ Melakukan
operasi hitung dengan menggunakan perbandingan
§ Memecahkan
masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan skala
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
OPERASI HITUNG BILANGAN
§ Pembuatan
Skala
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali
tentang konsep pecahan dan contohnya.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Memecahkan masalah perbandingan dan skala
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan diskusi kelas untuk memecahkan
permasalahan yang berkaitan dengan pecahan
F
Mengadakan percobaan dan diskusi kelas mengenai
masalah-masalah yang berhubungan dengan perbandingan.
F
Melakukan latihan soal yang memecahkan pecahan dalam kehidupan
sehari-hari.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama-sama
kemudian memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ peta
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan
pecahan.
o Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan
o Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan
skala
|
o Tugas Individu
|
Isian dan uraian
|
o
o Jarak sumedang Jakarta 180 km, jika ditempuh dengan bus yang
berkecepatan 45 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan?
o Jarak Cirebon Semarang pada peta 15 cm. Jika skala yang
digunakan 1: 1000000 maka jarak sesungguhnya adalah ...
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-2
Alokasi Waktu : 5 x 35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
6. Menggunakan sistem koordinat
dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
6.1
Membuat denah letak benda
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
Menggambar letak benda secara sederhana
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Sistem koordinat
E.
Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi
-
Memberikan motivasi dan
semangat dengan permainan atau cerita pendek.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Membahas permasalahan
sehari-hari yang berhubungan dengan letak sebuah benda
F
Melakukan percobaan dan observasi terhadap letak
beberapa benda dengan bantuan software komputer
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Meriview kembali mengenai materi yang telah
disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan memberi tugas membaca materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Soft
ware komputer
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menggambar letak
benda secara sederhana
|
o Tugas Individu
|
Isian dan uraian
|
o Buatlah denah rumahmu beserta lingkungan satu RT di sekitarmu!
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-2
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan
masalah
B.
Kompetensi Dasar
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Membaca
denah gambar
§ Menentukan
letak benda dari denah yang ditentukan
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Sistem koordinat
E.
Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengulang sedikit materi
tentang membuat denah letak benda
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Mengenal koordinat posisi
sebuah benda
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan diskusi dan tanya jawab untuk menentukan
letak sebuah benda dari denah yang ditentukan
F
Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Meriview kembali mengenai materi yang telah
disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan memberi tugas membaca materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Kertas
berpetak
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menggambar letak
benda secara sederhana
|
o Tugas Individu
|
Isian dan uraian
|
o Perhatikan gambar
denah berikut!
a.
Rumah diatas menghadap ke
arah ….
b. Ruang tamu terletak …
ruang tidur utama
c. Kamar mandi terletak …
ruang tidur anak
d. Ruang tidur terletak … naman
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
6. Menggunakan sistem koordinat
dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem
koordinasi Kartesius
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Menentukan
letak titik pada sistem koordinat
§ Menentukan
pencerminan pada koordinat kartesius
§ Menggambar
bangun datar pada bidang koordinat
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Sistem koordinat
E.
Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, diskusi, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-5
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Games yang berhubungan tentang
letak titik.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Menentukan posisi titik dalam
sistem koordinasi Kartesius
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan diskusi dan memecahkan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan letak
titik pada sistem koordinat
F
Menentukan letak titik pada sistem koordinat
F
Menggambar bangun datar pada bidang koordinat
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Merefleksi materi yang telah disampaikan,
memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Kertas
berpetak
§ Games
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menentukan letak
titik pada sistem koordinat
o Menentukan
pencerminan pada koordinat kartesius
o Menggambar bangun
datar pada bidang koordinat
|
o Tugas Individu
|
Isian dan uraian
|
o Koordinat titik P
(4,6) bila dicerminkan terhadap sumbu Y menjadi …
o Gambarlah letak
benda pada ceritra berikut!
o Bintang kuning
menyala dengan terang di langit pada koordinat (5,8). Didekat bintang kuning,
bintang merah menyala redup pada koordinat (4,7). Pada koordinat (-2,3)
bintang biru terlihat lebih terang dari bintang-bintang disekitar.
o dst
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
7. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan data
B.
Kompetensi Dasar
7.1 Menyajikan data ke dalam bentuk tabel,
diagram gambar, batang, dan lingkaran
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Mengumpulkan
data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally
§ Menyajikan
data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram
batang, diagram lingkaran dan diagram garis
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Pengolahan Data
E.
Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
memberikan cerita menarik yang
berhubunan dengan data.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Membaca tabel dan diagram yang
disajikan oleh media cetak
F
Meyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya
Mengerjakan soal-soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan refleksi mengenai materi yang
telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data
dengan tally
o Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan
diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis
|
Tugas Individu
|
Isian dan uraian
|
o Buatlah diagram batang dan diagram lingkaran dari data nilai
ulangan matematika kelas excel 9, 8, 10, 7, 10, 9, 9, 8, 9, dan 8!
o dst
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
7. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan data
B.
Kompetensi Dasar
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus
sekumpulan data
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
Menentukan mean, modus, median dan kuartil
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Pengolahan Data
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-3
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Menggugah minat belajar siswa
dengan cerita menarik yang berhubungan dengan makna mean, modus, median dan
kuartil.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Menentukan mean, modus, median
dan kuartil
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan percobaan dengan fasilitas meteran kain,
memberikan permasalahan untuk didiskusikan sampai didapat kesimpulan. Setelah
itu siswa diuji kemampuannya dengan memecahkan persoalan yang ada pada buku
paket.
F
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya
Mengerjakan soal-soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Merefleksikan materi yang telah disampaikan,
memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Meteran
kain
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data
dengan tally
o Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan
diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis
|
Tugas Individu
|
Isian dan uraian
|
o Nilai ulangan bahasa sunda kelas 6 E adalah sebagai berikut
9, 8, 7, 5, 4, 8, 9, 8, 7, 9
8, 9, 7, 7, 9, 8, 7, 5, 6, 9
8, 9, 7, 9, 8, 8, 8, 7, 7, 9
carilah mean, median, modus, dan
kuartilnya!
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-2
Alokasi Waktu : 4 x 35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
7. yelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
B.
Kompetensi Dasar
7.3
Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
Mengurutkan data termasuk menentukan nilai
tertinggi dan terendah
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Pengolahan data
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Games yang berhubungan denga
urutan data
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Mengurutkan data termasuk
menentukan nilai tertinggi dan terendah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mendiskusikan cara mengurutkan data.
F
Membaca data
F
Mengurutkan data dari yang tertinggi sampai yang
terendah
F
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya
Mengerjakan soal-soal latihan
F
Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya
Mengerjakan soal-soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan materi yang telah disampaikan,
memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari
pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Permainan/games
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengurutkan data
o Menentukan nilai tertinggi dan terendah
|
Tugas Individu
|
Isian dan uraian
|
Berikut
disajikan rata-rata nilai ulangan semester ganjul kelas 5C
6, 7, 6, 8, 7,5,
8, 7, 6, 8, 7
5, 6, 7, 5, 9,
7, 6, 5, 8, 7
8, 6, 7, 5, 7,
5, 8, 9, 9, 8
4, 8, 9, 6, 7,
9, 8, 7, 7, 7
a. Ututkan data tersebut!
b. Buat tabelnya!
c. tentukan nilai yang tertinggi
dan terendah!
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/ 2
Pertemuan Ke : 1-2
Alokasi Waktu : 4 x 35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
7. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan data
B.
Kompetensi Dasar
7.4
Menafsirkan hasil pengolahan data
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
Menafsirkan hasil pengolahan data
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Pengolahan data
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§ Kegiatan
awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang
membaca data.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Menafsirkan hasil pengolahan
data
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan observasi dan penelitian sederhana
mengenai hubungan lamanya nonton TV terhadap semangat belajar, pengelompokan
data, pengamatan, analisis data dan
penyajian dalam bentuk karya tulis
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Merivew kembali
materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika
SD untuk Kelas VI 6 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 6
§ Penelitian
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Membaca/menafsirkan diagram suatu data
|
Tugas Individu
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
o Buatlah sebuah laporan penelitian sederhana mengenai hubungan
lamanya nonton TV terhadap semangat belajar, pengelompokan data, pengamatan, analisis data dan penyajian
dalam bentuk karya tulis
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
No comments:
Post a Comment