Monday, May 20, 2013

CONTOH RPP MATEMATIKA 6 SMT 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1- 3
Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan operasi hitung pecahan dalam   pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar          
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
§  Mengenal berbagai bentuk pecahan
§  Menyederhanakan pecahan
§  Mengurutkan pecahan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran    
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-3
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang macam-macam  pecahan yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami definisi pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari. Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Kertas berlipat

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengenal berbagai bentuk pecahan
o  Menyederhanakan pecahan
o  Mengurutkan pecahan

Tugas Individu
dan Kelompok

Isian

o 
o  0,8 -
o  125 x 7
o  dst.

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-5
Alokasi Waktu                   :   10 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan Operasi Hitung Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
Peserta didik dapat :
§  Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
§  Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-5
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan pecahan yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menuliskan berbagai bentuk bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen permil, dan desimal
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami mengubah pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma



Tugas Individu dan Kelompok



Isian

a.    bila diubah menjadi pecahan desimal adalah ....
b.   Pecahan campuran dari bilangan  adalah ....
c.   Bentuk pecahan biasa yang paling sederhana dari bilangan 5adalah ....

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan Operasi Hitung Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar 
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
§  Menentukan nilai pecahan pada garis bilangan
§  Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar                     
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran
Demonstrasi, diskusi, Ekspositori, deduktif, Tanya jawab, latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-5
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari hari yang berhubungan dengan nilai pecahan.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Melakukan percobaan menggunakan benda disekitar  untuk membangun pemikiran siswa mengenai konsep nilai suatu pecahan serta memasukannya kedalam garis bilangan.
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan nilai suatu pecahan dalam sebuah garis bilangan
F Siswa diuji keterampilan dan kemampuan  dengan mengerjakan soal-soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Garis bilangan, mainan anak-anak, meteran dll

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma

Tugas Individu dan Kelompok







Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif



o
o Jarak sumedang Jakarta 180 km, jika ditempuh dengan bus yang berkecepatan 45 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan?
o Jarak Cirebon Semarang pada peta 15 cm. Jika skala yang digunakan 1: 1000000 maka jarak sesungguhnya adalah ...

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan Operasi Hitung Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar            
5.4  Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
Melakukan dan menggunakan operasi hitung pecahan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar                     
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang  konsep pecahan dan contohnya.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Melakukan dan menggunakan operasi hitung pecahan
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjelaskan cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan serta membagi  dua pecahan dengan garis bilangan. Setelah itu mendiskusikan cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan serta membagi  pecahan yang lain sampai didapat kesimpulan. 
F Siswa diuji keterampilan dan kemampuan  dengan mengerjakan soal-soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Garis bilangan
§  Koin Logam , manik-manik, dll

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Menentukan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian berbagai bentuk pecahan

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif

o
o 0,8 -
o 125 x 7
o dst.


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan Operasi Hitung Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar            
   5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan pecahan.
§  Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan
§  Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan skala

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
OPERASI HITUNG BILANGAN
§  Pembuatan Skala

E.     Metode Pembelajaran    
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang  konsep pecahan dan contohnya.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Memecahkan masalah perbandingan dan skala
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi kelas untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pecahan
F Mengadakan percobaan dan diskusi kelas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan perbandingan.
F Melakukan latihan soal  yang memecahkan pecahan dalam kehidupan sehari-hari.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  peta

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan pecahan.
o Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan
o Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan skala

o Tugas Individu


Isian  dan uraian

o
o Jarak sumedang Jakarta 180 km, jika ditempuh dengan bus yang berkecepatan 45 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan?
o Jarak Cirebon Semarang pada peta 15 cm. Jika skala yang digunakan 1: 1000000 maka jarak sesungguhnya adalah ...





Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-2
Alokasi Waktu                   :   5 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      : 
6.   Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar            
6.1  Membuat denah letak benda

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
Menggambar letak benda secara sederhana

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Sistem koordinat

E.     Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi
-      Memberikan motivasi dan semangat dengan permainan atau cerita pendek.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Membahas permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan letak sebuah benda
F Melakukan percobaan dan observasi terhadap letak beberapa benda dengan bantuan software komputer
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Meriview kembali mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan memberi tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Soft ware komputer

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Menggambar letak benda secara sederhana

o Tugas Individu


Isian  dan uraian

o Buatlah denah rumahmu beserta lingkungan satu RT di sekitarmu!

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-2
Alokasi Waktu                   :  5 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
      6.  Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar                        
6.2  Mengenal koordinat posisi sebuah benda

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§  Membaca denah gambar
§  Menentukan letak benda dari denah yang ditentukan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar                     
Sistem koordinat

E.     Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengulang sedikit materi tentang membuat denah letak benda
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengenal koordinat posisi sebuah benda
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi dan tanya jawab untuk menentukan letak sebuah benda dari denah yang ditentukan
F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Meriview kembali mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan memberi tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Kertas berpetak

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Menggambar letak benda secara sederhana

o Tugas Individu


Isian  dan uraian

o Perhatikan gambar denah berikut!
a.       Rumah diatas menghadap ke arah ….
b.      Ruang tamu terletak             ruang tidur utama
c.       Kamar mandi terletak              ruang tidur anak
d.      Ruang tidur terletak                 naman


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-5
Alokasi Waktu                   :   10 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
6.  Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar            
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinasi Kartesius

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
§  Menentukan letak titik pada sistem koordinat
§  Menentukan pencerminan pada koordinat kartesius
§  Menggambar bangun datar pada bidang koordinat

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Sistem koordinat

E.     Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, diskusi, Ekspositori, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-5
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Games yang berhubungan tentang letak titik.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menentukan posisi titik dalam sistem koordinasi Kartesius
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi dan memecahkan permasalahan  sehari-hari yang berhubungan dengan letak titik pada sistem koordinat
F Menentukan letak titik pada sistem koordinat
F Menggambar bangun datar pada bidang koordinat
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merefleksi materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Kertas berpetak
§  Games

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Menentukan letak titik pada sistem koordinat
o Menentukan pencerminan pada koordinat kartesius
o Menggambar bangun datar pada bidang koordinat
o Tugas Individu


Isian  dan uraian

o Koordinat titik P (4,6) bila dicerminkan terhadap sumbu Y menjadi …
o Gambarlah letak benda pada ceritra berikut!
o Bintang kuning menyala dengan terang di langit pada koordinat (5,8). Didekat bintang kuning, bintang merah menyala redup pada koordinat (4,7). Pada koordinat (-2,3) bintang biru terlihat lebih terang dari bintang-bintang disekitar.
o dst




Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
7.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data

B.     Kompetensi Dasar            
7.1 Menyajikan data ke dalam bentuk tabel, diagram gambar, batang, dan lingkaran

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§  Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally
§  Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Pengolahan Data

E.     Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      memberikan cerita menarik yang berhubunan dengan data.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Membaca tabel dan diagram yang disajikan oleh media cetak
F Meyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally
o Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis

Tugas Individu


Isian  dan uraian

o Buatlah diagram batang dan diagram lingkaran dari data nilai ulangan matematika kelas excel 9, 8, 10, 7, 10, 9, 9, 8, 9, dan 8!
o dst


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Pengetahuan


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-3
Alokasi Waktu                   :   6  x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
7.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data

B.     Kompetensi Dasar            
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
Menentukan mean, modus, median dan kuartil

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Pengolahan Data

E.     Metode Pembelajaran    
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-3
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Menggugah minat belajar siswa dengan cerita menarik yang berhubungan dengan makna mean, modus, median dan kuartil.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menentukan mean, modus, median dan kuartil
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan fasilitas meteran kain, memberikan permasalahan untuk didiskusikan sampai didapat kesimpulan. Setelah itu siswa diuji kemampuannya dengan memecahkan persoalan yang ada pada buku paket.
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merefleksikan materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Meteran kain

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally
o Menyajikan data tunggal dan berkelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis

Tugas Individu


Isian  dan uraian

o Nilai ulangan bahasa sunda kelas 6 E adalah sebagai berikut
9, 8, 7, 5, 4, 8, 9, 8, 7, 9
8, 9, 7, 7, 9, 8, 7, 5, 6, 9
8, 9, 7, 9, 8, 8, 8, 7, 7, 9
carilah mean, median, modus, dan kuartilnya!


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
7. yelesaikan masalah yang berkaitan dengan data

B.     Kompetensi Dasar          
7.3  Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar                     
Pengolahan data

E.     Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Games yang berhubungan denga urutan data
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan cara mengurutkan data.
F Membaca data
F Mengurutkan data dari yang tertinggi sampai yang terendah
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya Mengerjakan soal-soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Permainan/games

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Mengurutkan data
o Menentukan nilai tertinggi dan terendah

Tugas Individu



Isian  dan uraian

Berikut disajikan rata-rata nilai ulangan semester ganjul kelas 5C
6, 7, 6, 8,  7,5,  8, 7, 6, 8, 7
5, 6, 7, 5,   9,     7, 6, 5, 8, 7
8, 6, 7, 5,   7,     5, 8, 9, 9, 8
4, 8, 9, 6,    7,     9, 8, 7, 7, 7
a. Ututkan data tersebut!
b. Buat tabelnya!
c. tentukan nilai yang tertinggi dan terendah!


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4 x 35 menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
7.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data

B.     Kompetensi Dasar          
7.4  Menafsirkan hasil pengolahan data

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
Menafsirkan hasil pengolahan data

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
D.    Materi Ajar                     
Pengolahan data

E.     Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-2
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang membaca data.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menafsirkan hasil pengolahan data
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan observasi dan penelitian sederhana mengenai hubungan lamanya nonton TV terhadap semangat belajar, pengelompokan data,  pengamatan, analisis data dan penyajian dalam bentuk karya tulis
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merivew kembali  materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Penelitian

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Membaca/menafsirkan diagram suatu data

Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah

o Buatlah sebuah laporan penelitian sederhana mengenai hubungan lamanya nonton TV terhadap semangat belajar, pengelompokan data,  pengamatan, analisis data dan penyajian dalam bentuk karya tulis


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Pengetahuan


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


No comments:

Post a Comment